PENGAPLIKASIAN PIO

PIO menerapkan teori dan kaidah - kaidah tingkah laku individu, kelompok dan organisasi. PIO bertujuan meningkatkan produktivitas organisasi yang mencakup tingkah laku organisasi dan manajemen sumber daya manusia. Oleh karena itu PIO memiliki peran penting dalam konteks perusahaan.  Peran PIO antara lain : 

1.Sumber daya manusia dan Human Resources
PIO membantu melakukan analisa terhadap sumber daya manusia dan juga human resources di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Kegiatan ini meliput berbagai macam bentuk, seperti :
§     Analisa jabatan, dan pembuatan job spec untuk menempati posisi atau jabatan tertentu
§     Penilaian kinerja karyawan
§     Pelatihan terhadap karyawan
§     Mutasi, Pemindahan, dan Pemutusan Hubungan Kerja
§     Pembuatan lowongan pekerjaan

2.  Rekrutment
Kita pasti sudah tdak asing lagi dengan rekrutmen. Setiap organisasi dan perusahaan yang membutuhkan karyawan dan anggota baru pasti akan mengadakan rekrutmen. Dalam hal rekrutmen ini, praktisi dari PIO dapat membantu :
§     Screening lamaran pekerjaan
§     Pengadministrasian tes psikolog / psikotes untuk calon karyawan
§     Melakukan wawancara dan observasi
§     Melakukan analisa dan interpretasi potensi dari calon karyawan
§     Memberikan rekomendasi kepada pihak user mengenai karyawan yang tepat

3. Masalah Indivdual karyawan di dalam lingkungan kerja
Sebagai seorang karyawan atau anggota di dalam organisasi dan perusahaan, pastilah terdapat banyak hal yang mungkin dapat menghambat masing – masing individu untuk berkontribusi di dalam organisasi atau perusahaan. Dalam konteks ini, para praktisi PIO dapat berperan untuk melakukan asesmen dan juga intervensi terhadap individu yang mengalami masalah di dalam organisasi, seperti misalnya :
§     Performa kerja yang menurun
§     Mengalami stress kerja
§     Karyawan atau anggota organisasi yang kurang puas dalam bekerja
§     Keributan di dalam pekerja

4. Masalah teknis di dalam perusahaan dan organisasi
Selain melakukan proses – proses yagn berhubungan dengan individual di dalam kantor, PIO juga memiliki ruang lingkup yagn brkaitan dengan hal – hal yang sifatnya teknikal, misalnya :
§     Pembagian shift
§     Tata letak ruangan di dalam kantor
§     Keselamatan kerja (K3)
§     Kondisi ergonomis dari alat – alat kantor, seperti printer, kursi, meja, dan lainnya

Contohnya :
Berikut merupakan beberapa bentuk kegiatan PIO agar karyawan dapat mencapai target perusahaan di dalam PT.TELKOM :
1. Ajak bawahan agar memahami visi perusahaan dan diikut sertakan untuk memutuskan bagaimana cara mencapainya misal ajak diskusi dan dengarkan pendapatnya
2. Memberikan reward sebagai apresiasi kepada bawahan yang berhasil mencapai target
3. Hilangkan batasan antara bos dan bawahan buat seperti keluarga agar suasana kerja menyenangkan
4. Di berikan insentif dan bonus yang sesuai dengan prestasi yang di raih ( ini nih yg paling memotivasi )
5. Berikan training biar gak jenuh mengerjakan rutinitas
6.  Adakan rekreasi atau family gathering 

Komentar

Postingan Populer