PP IPTEK
( Pusat Peragaan IPTEK )
Kunjungan saya ke Pusat Peragaan IPTEK
ini, bertujuan untuk observasi sebagai pemenuhan tugas Ilmu Alamiah
Dasar.
ALAT – ALAT PERAGA
DI PP IPTEK
Seluruh benda
koleksi di peragaan iptek merupakan alat – alat peraga yang sebagian
besar bersifat dapat disentuh dan dimainkan. Galeri Museum PP-IPTEK berisi sekitar 300 alat peraga yang
dikelompokkan menjadi beberapa wahana, seperti : Listrik dan Magnet, Antariksa,
Lingkungan, Energi, Fluida, Getaran dan
Gelombang, Mekanika, Optic, Ilusi, Transportasi darat, Transportasi Udara,
Arena Peneliti Cilik, Matematika, Pandemi Influenza, Taman Jurasik, Ozon, Flu
Burung, Telekomunikasi, Robot. Namun saya hanya melihat beberapa wahana saja. Berikut akan
saya jelaskan.
1. WAHANA LISTRIK DAN
MAGNET
Wahana Listrik dan Magnet merupakan wahana yang berisi alat peraga hands-on
interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar listrik dan magnet dan hubungan
antara keduanya. Wahana ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Listrik,
Klaster Transistor dan Klaster Magnet.
2.
WAHANA ANTARIKSA
Wahana antariksa memiliki alat peraga
seperti pengetahuan mengenai teknologi satelit, replica satelit senzhou,
system penginderaan jarak jauh hingga aplikasi permainan komputer
mendidik dan menarik mengenai planet mars. Yang saya lihat disana ada simulasi
satelit penginderaan, kamera dan stasiun penerima ( perangkat komputer) dengan
menggunakan teknologi nirkabel.
Tujuan alat
peraga ini diharapkan
pengunjung dapat memahami dan mempelajari lebih mendalam ilmu dasar dan
teknologi seputar anatariksa
3.
WAHANA MEKANIKA
Wahana
ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Gaya, Klaster Gerak dan Klaster
Pesawat Sederhana.
Di dalam Klaster
Gaya saya melihat alat peraga seperti Jembatan
Lengkung yang memiliki
konsep pembagian tekanan sehingga jembatan tersebut tetap kokoh walaupun
pengunjung berjalan di atasnya.
Di dalam Klaster
Gerak menyajikan alat peraga mengenai konsep dasar gerak, baik
gerak lurus maupun gerak melingkar.
Pada Klaster
Pesawat saya melihat alat peraga seperti
pengungkit, katrol, penderek dan sebagainya. Dan saya mencoba alat katrol
seperti contoh dibawah ini :
Pada papan
petunjuk bertuliskan petunjuk cara kerja katrol dan penjelasan prinsip katrol
seperti berikut ini :
Petunjuk :
1) Yakinkan bahwa ketiga beban memiliki barat yang
sama.
2) Angkatlah beban dengan cara menarik tali pada
tiap katrol.
3) Bandingkan tingkat keringanan dalam mengangkat beban
pada ketiga jenis
sistem katrol tersebut.
Mengapa Demikian ?
Kekuatan
angkat pesawat sederhana katrol di
pengaruhi oleh jumlah tali dan jumlah sistem katrol. Semakin banyak jumlah tali
dan sistem katrol, maka semakin banyak gaya angkat yang direduksi sehingga akan
meringankan dalam mengangkat beban. Contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari
yaitu, menimba sumur
Tujuan dari wahana mekanika
ini agar pengunjung
dapat melengkapi pengetahuan tentang mekanika melalu fenomena yang diamati dari
alat peraga serta keuntungan menggunakan pesawat sederhana.
4. WAHANA
OPTIK
Pada wahana
Optik, saya melihat alat
peraga interaktif prinsip-prinsip dasar mengenai optic seperti i sains
cahaya, warna hingga peralatan optiknya. Melalui wahana ini pengunjung
diharapkan dapat memahami konsep bagaimanakah cahaya dapat merambat, bagaimana
warna cahaya dapat dibentuk dan dipisahkan dan sebagainya.
5. WAHANA
ILUSI
Wahana Ilusi adalah wahana yang berisi
alat-alat peraga interaktif minds-on yang berkaitan dengan ilusi mata. Alat
peraga ini sebagian besar berupa gambar-gambar geometri maupun gambar tidak
beraturan yang memiliki efek ilusi pada mata manusia seperti gambar ambigu,
efek besar-kecil, efek panjang-pendek, efek lurus-lengkung, penglihatan menetap
dan sebagainya. Dan
Tujuan dari wahana
ini agar
pengunjung dapat mempelajari persepsi penglihatan manusia terhadap suatu objek.
6. WAHANA
FLU BURUNG
Di wahana
ini berisi alat peraga yang berkaitan dengan kesiapsiagaan menghadapi flu
burung, memuat pengetahuan mengenai apa itu flu burung, pengenalan morvologi
virus H5N1, bagaimana cara melakukan tindakan pencegahan penularannya dan
bagaimana cara memelihara unggas secara bertanggung jawab. Yang saya lihat, pada
wahani ini berbenuk interaktif hands-on, Audio Visual, Model dan Game Komputer.
7. WAHANA
PANDEMI INFLUENZA
Klaster
ini bertemakan : “kesiapsiagaan dalam menghadapi pendemi influenza. Berisi
Sembilan alat peraga yang saya
lihat, antara lain simulator bersin, simulator batuk, penyakit influenza, organism
tak tampak, system pernafasan manusia, habitat virus, fakta atau mitos, game
interaktif pandemic influenza, puppet show dan game lantai.
8. WAHANA
OZON
Alat peraga yang saya lihat pada wahana ini yaitu, permainan
game interaktif computer mengenai ozon, film singkat mengenai pentingnaya
lapisan ozon untuk kehidupan dibumi dan juga alat peraga interaktif lainnya.
‘Tujuan dari wahana
ini adalah agar pengunjung
sadar akan pentingnya lapisan ozon bagi kehidupan makhluk bumi sehingga akan
menjaga kelestariannya dengan mengurangi/ menghindari penggunaan bahan-bahan
perusak ozon.
9. WAHANA
TAMAN JURASIC
Alat peraga yang saya lihat pada wahana
taman Jurassic ini yaitu
berbagai tanaman yang hidup pada jaman dinosaurus hidup, modelfosil-fosil
dinosaurus dan lainnya. Terdapat pula alat peraga interaktif model dinosaurus
berukuran besar yang dilengkapi sistem gerak mekanik elektronik sehingga dapat
berinteraksi dengan pengunjung melalui suara dan juga objek pengunjung.
Tujuan dari wahana
ini agar
pengunjung dapat mempelajari keilmuan mengenai fosil serta sains di balik
kehidupan dinosaurus.
Komentar
Posting Komentar