PP IPTEK
( Pusat Peragaan IPTEK )


Kunjungan saya ke Pusat Peragaan IPTEK ini, bertujuan untuk observasi sebagai pemenuhan tugas Ilmu Alamiah Dasar. 

ALAT – ALAT PERAGA DI PP IPTEK
Seluruh benda  koleksi di peragaan iptek merupakan alat – alat peraga yang sebagian besar bersifat dapat disentuh dan dimainkan. Galeri Museum PP-IPTEK berisi sekitar 300 alat peraga yang dikelompokkan menjadi beberapa wahana, seperti : Listrik dan Magnet, Antariksa, Lingkungan, Energi, Fluida, Getaran dan Gelombang, Mekanika, Optic, Ilusi, Transportasi darat, Transportasi Udara, Arena Peneliti Cilik, Matematika, Pandemi Influenza, Taman Jurasik, Ozon, Flu Burung, Telekomunikasi, Robot. Namun saya hanya melihat beberapa wahana saja. Berikut akan saya jelaskan.    

  1. WAHANA LISTRIK DAN MAGNET
Wahana Listrik dan Magnet merupakan  wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar listrik dan magnet dan hubungan antara keduanya. Wahana ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Listrik, Klaster Transistor dan Klaster Magnet.
2. WAHANA ANTARIKSA
Wahana antariksa memiliki alat peraga seperti pengetahuan mengenai teknologi satelit, replica satelit senzhou, system penginderaan jarak jauh hingga aplikasi permainan komputer mendidik dan menarik mengenai planet mars. Yang saya lihat disana ada simulasi satelit penginderaan, kamera dan stasiun penerima ( perangkat komputer) dengan menggunakan teknologi nirkabel.
Tujuan alat peraga ini diharapkan pengunjung dapat memahami dan mempelajari lebih mendalam ilmu dasar dan teknologi seputar anatariksa

3. WAHANA MEKANIKA
Wahana ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Gaya, Klaster Gerak dan Klaster Pesawat Sederhana.
Di dalam Klaster Gaya saya melihat  alat peraga  seperti Jembatan Lengkung yang memiliki konsep pembagian tekanan sehingga jembatan tersebut tetap kokoh walaupun pengunjung berjalan di atasnya.
Di dalam Klaster Gerak menyajikan alat peraga mengenai konsep dasar gerak, baik gerak lurus maupun gerak melingkar.


Pada Klaster Pesawat saya melihat alat peraga seperti pengungkit, katrol, penderek dan sebagainya. Dan saya mencoba alat katrol seperti contoh dibawah ini :
 

Pada papan petunjuk bertuliskan petunjuk cara kerja katrol dan penjelasan prinsip katrol seperti berikut ini :
Petunjuk :
1)     Yakinkan bahwa ketiga beban memiliki barat yang sama.
2)     Angkatlah beban dengan cara menarik tali pada tiap katrol.
3)      Bandingkan tingkat keringanan dalam mengangkat beban pada ketiga jenis
  sistem katrol tersebut.
Mengapa Demikian ?
Kekuatan angkat pesawat sederhana katrol  di pengaruhi oleh jumlah tali dan jumlah sistem katrol. Semakin banyak jumlah tali dan sistem katrol, maka semakin banyak gaya angkat yang direduksi sehingga akan meringankan dalam mengangkat beban. Contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari yaitu, menimba sumur
Tujuan dari wahana mekanika ini agar pengunjung dapat melengkapi pengetahuan tentang mekanika melalu fenomena yang diamati dari alat peraga serta keuntungan menggunakan pesawat sederhana.

4. WAHANA OPTIK
Pada wahana Optik, saya melihat alat peraga interaktif prinsip-prinsip dasar mengenai optic seperti i sains cahaya, warna hingga peralatan optiknya. Melalui wahana ini pengunjung diharapkan dapat memahami konsep bagaimanakah cahaya dapat merambat, bagaimana warna cahaya dapat dibentuk dan dipisahkan dan sebagainya.

5.      WAHANA ILUSI
Wahana Ilusi adalah wahana yang berisi alat-alat peraga interaktif minds-on yang berkaitan dengan ilusi mata. Alat peraga ini sebagian besar berupa gambar-gambar geometri maupun gambar tidak beraturan yang memiliki efek ilusi pada mata manusia seperti gambar ambigu, efek besar-kecil, efek panjang-pendek, efek lurus-lengkung, penglihatan menetap dan sebagainya. Dan
Tujuan dari wahana ini agar pengunjung dapat mempelajari persepsi penglihatan manusia terhadap suatu objek.

6.     WAHANA FLU BURUNG
Di wahana ini berisi alat peraga yang berkaitan dengan kesiapsiagaan menghadapi flu burung, memuat pengetahuan mengenai apa itu flu burung, pengenalan morvologi virus H5N1, bagaimana cara melakukan tindakan pencegahan penularannya dan bagaimana cara memelihara unggas secara bertanggung jawab. Yang saya lihat, pada wahani ini berbenuk interaktif hands-on, Audio Visual, Model dan Game Komputer.

7.      WAHANA PANDEMI INFLUENZA
Klaster ini bertemakan : “kesiapsiagaan dalam menghadapi pendemi influenza. Berisi Sembilan alat peraga yang saya lihat, antara lain simulator bersin, simulator batuk, penyakit influenza, organism tak tampak, system pernafasan manusia, habitat virus, fakta atau mitos, game interaktif pandemic influenza, puppet show dan game lantai.

8.      WAHANA OZON
Alat peraga yang saya lihat pada wahana ini yaitu, permainan game interaktif computer mengenai ozon, film singkat mengenai pentingnaya lapisan ozon untuk kehidupan dibumi dan juga alat peraga interaktif lainnya.
‘Tujuan dari wahana ini adalah agar pengunjung sadar akan pentingnya lapisan ozon bagi kehidupan makhluk bumi sehingga akan menjaga kelestariannya dengan mengurangi/ menghindari penggunaan bahan-bahan perusak ozon.

9.     WAHANA TAMAN JURASIC
Alat peraga yang saya lihat pada wahana taman Jurassic ini yaitu berbagai tanaman yang hidup pada jaman dinosaurus hidup, modelfosil-fosil dinosaurus dan lainnya. Terdapat pula alat peraga interaktif model dinosaurus berukuran besar yang dilengkapi sistem gerak mekanik elektronik sehingga dapat berinteraksi dengan pengunjung melalui suara dan juga objek pengunjung.
Tujuan dari wahana ini agar pengunjung dapat mempelajari keilmuan mengenai fosil serta sains di balik kehidupan dinosaurus.

Komentar

Postingan Populer